Studi Persepsi Masyarakat tentang Museum Ideal

by

Angela U. Paramitasari

Program Studi Magister Rancang Kota, SAPPK, Institut Teknologi Bandung.

Abstrak

Museum yang memiliki kriteria ideal diharapkan mampu untuk menarik minat masyarakat unutk melakukan kunjungan dan melakukan kegiatan di dalamnya. Artikel ini membahas tentang persoalan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat seseorang mengunjungi museum dan kriteria museum ideal yang diinginkan. Pengumpulan data artikel diperoleh melalui pengisian kuesioner online oleh responden dengan pertanyaan yang bersifat open ended. Metode analisis menggunakan metode analisis data teks (content analysis) dengan cara mencari dan menemukan kata-kata kunci dari kuesioner, mengkategorikan kata kunci, lalu menghitung frekuensi dari kategori dan mene-mukan kategori dominan dari museum ideal. Melalui hasil analisis, ditemukan kategori dominan yaitu kriteria desain dan sifat yang membuat museum menjadi ideal di mata responden.

Kata-kunci : museum ideal, minat, content analysis, persepsi masyarakat

Halaman E 211-216
Download PDF :
TI2015-E-211-216-Studi Persepsi Masyarakat tentang Museum Ideal