Strategi Peningkatan Quality of Urban Life (QoUL) dengan Pertimbangan Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Kota Tempat Tinggal

by

Raisa Nur Imanda

Program Studi Magister Rancang Kota, Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung.

Abstrak

Kualitas kota banyak dikaitkan dengan quality of life (QoL), dalam konteks perkotaan dikenal sebagai quality of urban life (QoUL). Tujuan dari penelitian ini adalah menjabarkan pengertian QoL dan QoUL dan mengeksplorasi komponen-komponen yang menjadi dasar dalam melakukan penilaian terhadap QoUL secara normatif berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Kemudian mengkaitkan indikator QoUL dengan persepsi dan tingkat kepuasan responden di kota-kota besar di Indonesia terhadap kotanya untuk bisa mendapatkan prioritas dalam peningkatan kualitas wilayah perkotaan di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui arsip dan survey online, dan metode analisis data dilakukan dengan metode content analysis dan gap analysis. Hasil analisis meng-hasilkan 9 aspek dan 28 komponen yang berpengaruh terhadap QoUL dan berdasarkan hasil survey, strategi prioritas peningkatan kualitas kota sebaiknya difokuskan kepada penyediaan dan peningkatan kualitas sarana transportasi dan mobilitas berupa infrastruktur jalan, transportasi publik, dan sarana pejalan kaki; perbaikan kualitas udara dari polusi; serta penurunan tingkat kriminalitas di perkotaan.

Kata-kunci : kualitas kota, quality of life, quality of urban life, liveability

Halaman E 193-200
Download PDF :
IPLBI2016-E-193-200-Strategi Peningkatan Quality of Urban Life (QoUL) dengan Pertimbangan Tingkat Kepuasan Masyarakat-0