Strategi Pengembangan Bata Hias Cangkang

by

Ardiansyah(1), Muhammad Rijal(2)

(1)Kelompok Keilmuan Arsitektur, Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Bandar Lampung.
(2)Kelompok Keilmuan Arsitektur, Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Riau.

Abstrak

Hanya segelintir pelaku usaha kecil yang ingin berkecimpung dalam upaya pemanfaatan limbah hasil pengolahan CPO, padahal limbah yang dihasilkan dari proses pengolahan CPO ini sangat berlimpah. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi yang tepat dalam upaya peningkatan nilai bata hias cangkang sebagai material ramah lingkungan dalam khazanah arsitektur hijau. Metode pendekatan penelitian yang dilakukan pada prinsipnya merupakan pendekatan kualitatif. Namun Instrumen yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor material baku, teknik dan teknologi pengolahan, pendistribusian dan pemasaran, kelembagaan, peruntukan dalam desain arsitektur, serta prinsip Arsitektur hijau, merupakan hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan strategi peningkatan nilai bata hias cangkang sebagai komoditi.

Kata-kunci : arsitektur hijau, bata hias cangkang, limbah CPO

Halaman H 173-178
Download PDF :
IPLBI2016-H-173-178-Strategi Pengembangan Bata Hias Cangkang