Strategi Kampung Kreatif sebagai Upaya Perbaikan Lingkungan Kota menurut Kerangka Pemenuhan Kebutuhan Manusia

by

Devi Hanurani Sugianti(1), Agus S. Ekomadyo(2)

(1) Kelompok keilmuan Perancangan Arsitektur, Program Studi Magister Arsitektur, SAPPK, Institut Teknologi Bandung.
(2) Kelompok Keilmuan Perancangan Arsitektur, SAPPK, Institut Teknologi Bandung.

Abstrak

Keberhasilan Kampung Jambangan untuk bertahan dalam situasi perkembangan kota Surabaya yang padat penduduk dan berevolusi menjadi kampung kreatif, menjadi sebuah fenomena unik yang menarik untuk dikaji. Berangkat dari fenomena tersebut, peneliti berusaha melihat proses pembentukan kampung kreatif ditinjau dari strategi kreatif dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Mengambil studi kasus di Kampung kreatif Jambangan Surabaya yang cukup dikenal hingga mancanegara, penelitian ini bertujuan untuk mengamati tingkat keberhasilan strategi kreatif yang diterapkan dalam mewujudkan kampung kreatif ditinjau dari kerangka hierarchy of needs oleh Abraham Maslow. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Diterapkan untuk mengetahui strategi para aktor dalam rangka proses pembentukan kampung kreatif Jambangan, serta menerangkan tahapan yang terjadi dalam kerangka pemenuhan kebutuhan warga Kampung Jambangan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa strategi kreatif berperan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat kampung Jambangan yang sebelum perbaikan terbatas pada tahap kebutuhan biologis dan kebutuhan rasa aman.

Kata-kunci : kampung jambangan, kampung kota, kampung kreatif, strategi kreatif, surabaya

Halaman G 119-126
Download PDF :
IPLBI2016-G-119-126-Strategi Kampung Kreatif sebagai Upaya Perbaikan Lingkungan Kota menurut Kerangka Pemenuhan Kebutuhan Manusia