Solusi Terintegrasi dalam Desain Quadratura Indonesia

by

Nisrina A. Fadhila1, Kahfi A. Abdillah2, Vania A. Tamsuli3, R.B.M Louay Safarilla4, Agus S. Ekomadyo5

1,2,3,4 Mahasiswa Program Sarjana Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung.
5 Dosen Program Sarjana Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung.
Koresponendsi: nisrina.amalia@students.itb.ac.id

https://doi.org/10.32315/ti.7.c104

Abstrak

Setiap perancang tentu memiliki caranya masing-masing dalam proses perancangannya. Cara-cara tersebut dipengaruhi oleh preferensi tertentu dari perancang tersebut, mulai dari pola pikir, tujuan, hingga dari proyek-proyek itu sendiri. Quadratura Indonesia memiliki konsep dan strateginya sendiri dalam merancang. Bagaimana mengintegrasikan multidisiplin ilmu, merangkum permasalahan dari tiap proyek dan menemukan solusinya, hingga strategi ini mampu menjadikan Quadratura Indonesia sebagai biro arsitek Indonesia yang dipercaya untuk bekerjasama dengan biro arsitek mancanegara. Teori Understanding Design: Inside Design (Dorst, 2003:14) dapat membantu untuk menganalisis cara Quadratura Indonesia merancang dan menemukan solusi untuk berbagai permasalahan yang dihadapi. Karena menangani banyak proyek-proyek besar, pendekatan integrated design dan strategic planning yang dipilih Quadratura banyak membantu dalam menyelesaikan permasalahan desain yang dihadapi.

Kata-kunci : Quadratura Indonesia, solusi terintegrasi, Dorst, proses desain.

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 7, C 104-108
Download PDF