Sistem Arisan Bahan Bangunan dan Uang untuk Mendirikan Rumah sebagai Kearifan Lokal Masyarakat di Desa Pangan Jaya Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara

by

Muhammad Zakaria Umar

Perumahan dan Permukiman, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo.

Abstrak

Upaya menemukan jatidiri bangsa yang baru atas dasar kearifan lokal merupakan hal yang penting demi penyatuan budaya bangsa di atas dasar jatidiri daerah-daerah Nusantara (Sayuti, 2005). Salah satu kearifan lokal ada di Desa Pangan Jaya Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara dalam mendirikan rumah. Masyarakat Pangan Jaya dalam mendirikan rumah meng-gunakan sistem arisan bahan bangunan dan uang. Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji kearifan lokal masyarakat di desa Pangan Jaya dalam mendirikan rumah dengan menggunakan sistem arisan bahan bangunan dan uang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan diskusi mendalam. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem arisan bahan bangunan dan uang untuk mendirikan rumah sebagai kearifan lokal masyarakat di desa Pangan Jaya yaitu prosedur, metode, teknik, dan seninya dilaksanakan secara tepat, cepat, hemat, dan selamat.

Kata-kunci : kearifan lokal, sistem arisan

Halaman G 041-050
Download PDF :
IPLBI2016-G-041-050-Sistem Arisan Bahan Bangunan dan Uang untuk Mendirikan Rumah sebagai Kearifan Lokal Masyarakat di Desa Pangan Jaya….