Preferensi Masyarakat tentang Tipologi Sekolah yang Meningkatkan Semangat dan Minat Belajar Siswa

by

Yudhistira Kusuma1, Suhendri2

Program Studi Magister Arsitektur, SAPPK, Institut Teknologi Bandung.
Kelompok Keahlian Teknologi Bangunan, SAPPK, Institut Teknologi Bandung.

https://doi.org/10.32315/ti.6.d071

Abstrak

Dewasa ini, muncul jenis sekolah baru yang mengusung tema alam sebagai identitas utama mereka atau dikenal dengan sebutan sekolah alam. Penelitian ini menyajikan eksistensi sekolah alam secara umum untuk dibandingkan dengan sekolah reguler. Perbandingan tersebut dilakukan untuk meng-etahui preferensi masyarakat tentang sekolah yang meningkatkan semangat dan minat belajar siswa berdasarkan tipologi sekolah masing-masing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan survei dalam bentuk kuesioner online. Setelah di analisis, ditemukan bahwa sebanyak 86% responden pada penelitian ini memilih sekolah alam sebagai sekolah yang meningkatkan semangat dan minat belajar siswa.

Kata-kunci : minat belajar, preferensi, sekolah, siswa, tipologi

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 6, D 071-078
Download PDF