Potensi Limbah Bulu Ayam Menjadi Material Panel Dinding Akustik

by

Ansarullah1, Ramli Rahim2, Asniawaty Kusno3

Mahasiswa Lab. Sains dan Teknologi Bangunan, Departemen/Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.
2,3 Lab. Sains dan Teknologi Bangunan, Departemen/Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.
Korespondensi: ansarullah.aa1234@gmail.com

https://doi.org/10.32315/ti.6.h045

Abstrak

Ayam yang setiap harinya kita makan mempunyai limbah bulu yang banyak kita lihat di sekitar kita. Keberadaan Bulu Ayam yang merupakan limbah dari rumah potong ayam yang setiap hari diproduksi dan masih belum banyak dimanfaatkan. Ada beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bulu ayam  bisa digunakan untuk bahan akustik. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi potensi bulu ayam  untuk diciptakan sebagai bahan panel dinding yang berfungsi sebagai panel dinding akustik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan mengolah limbah bulu ayam dengan melakukan beberapa tahapam dalam pembentukan dinding panel, diantaranya dengan cara seleksi material bulu ayam, proses pembersihan, proses pengeringan, proses pencacahan, proses permodelan panel dan proses pengeringan. Hasil penelitian ini berupa model panel akustik dengan ukuran 20x20cm2 dengan ketebalan 0,9 dan 1,8 cm. Penelitian ini juga menghasilkan model panel berbentuk lingkaran ukuran Ø10 cm dengan tebal 0,9cm, 1,6cm, 2,4cm, dan 4cm untuk digunakan pada pengujian koefisien absorpsi menggunakan tabung impedansi.

Kata-kunci : Akustik, Bulu Ayam, Limbah,  Dinding Panel

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 6, H 045-048
Download PDF