TEMU ILMIAH IPLBI

Fiani Ayustika  1, Soraya Masthura Hassan  2, Sisca Olivia o 3

1,2,3 Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh, Aceh, Indonesia

Email korespondensi: fianiayustikaa@gmail.com

https://doi.org/10.32315/ti.9.k015

Abstrak

Pusat perbelanjaan (mal) berfungsi sebagai tempat jual beli serta sebagai tempat hiburan yang memberikan pengaruh cukup tinggi kepada masyarakat sehingga kualitas visual dari setiap ritel sangat diperhatkan. Khususnya untuk ritel kosmetik yang sedang mendapat perhatian lebih dari para pengunjung wanita saat ini, karena semakin banyaknya beauty vlogger hampir diseluruh social media. Penelitian ini menggunakan persepsi visual pengguna sebagai parameter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi visual dari setiap pengunjng ritel kosmetik pada pusat perbelanjaan (mal) yang telah dirancang sedemikian rupa. Penelitian ini terfokus pada persepsi visual pengunjung terhadap tampilan maupun tata letak ritel. Pengumpulan data dianalisis secara kualitatif. Hasil temuan dari penelitian ini bahwa para pengguna sangat memperhatikan faktor tata cahaya, tata ruang, kesan ruang dan tata letak furnitur. Faktor-faktor tersebut merupakan hasil analisis dari para responden sebagai pembentuk kualitas visual dari setiap ritel.

Kata-kunci : ritel kosmetik, persepsi visual, kualitas visual ritel

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 9.
K015-K022