Persepsi Visual Audience pada Penataan Interior Auditorium Studi Kasus: Auditorium Prof. Mattulada Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin

by

Yusaumi Ramadhanti Fitri Taufik, Riekje Hehanussa P , A. Effendy Rauf

Laboratorium Perancangan Arsitektur, Interior dan Lansekap, Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi visual audience pada ruang auditorium dan memberikan gambaran penataan interior yang baik pada ruang auditorium. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode quasi eksperimental dengan teknik pengambilan data berupa pengamatan langsung, wawancara, dan kuesioner. Dari hasil analisis data mengenai persepsi visual audience dapat disimpulkan bahwa pada ruang auditorium Prof. Mattulada yang mempengaruhi secara signifikan terhadap persepsi visual adalah letak tempat duduk, jenis acara, dan jarak duduk dengan obyek. Selain itu, dalam menata interior auditorium yang baik, mutlak memperhatikan aspek-aspek bentuk dan dimensi ruang, dan pola penataan tempat duduk.

Kata-kunci: Persepsi visual, Desain interior, dan Auditorium

Halaman 47-54
Download PDF:
TI2014 A p047-054 Persepsi Visual Audience pada Penataan Interior Auditorium