Perhitungan Kepuasan Pengunjung terhadap Kinerja Ruang Publik Menggunakan Customer Statisfaction Index (CSI)

by

Muzhida Liko’a Z., Endratno Budi Santosa, Titik Poerwati

Laboratorium Perencanaan Kota Berbasis Kultural, P.S. Perencanaan Wilayah dan Kota, FTSP, Institut Teknologi Nasional Malang.

Abstrak

Jalan Veteran di Kota Malang merupakan salah satu jalan protocol yang strategis, apalagi di sekelilingnya terdapat beberapa pendidikan tinggi, dan juga perbelanjaan skala besar. Koridor jalan ini belakangan mengalami perubahan wajah, terutama dengan perbaikan RTH-termasuk juga dengan desain dan sarana penunjangnya baik di median maupun di pinggir jalan. Perubahan yang signifikan ini tentu mempengaruhi persepsi masyarakat yang mengunjunginya.Tujuan penelitian ini mengetahui sampai sejauh mana tingkat kepuasaan pengunjung terhadap keberadaan taman/RTH publik yang ada di lokasi. Dalam penelitian, Jalan Veteran dibagi menjadi 4 segmen. Responden yang diambil sebanyak 150 orang, menggunakan pendekatan accidental sampling, kemudian di-analisa menggunakan scoring system untuk identifikasi kinerja ruang publik, Customer Satisfaction Index (CSI) untuk tingkat kepuasan pengunjung. Hasil penelitian berupa kinerja ruang publik Jalan Veteran secara keseluruhan baik ditinjau dari penempatan tanaman, vegetasi tanaman dan ketersediaan sarana dan prasarana. Tingkat kepuasan pengunjung berada pada rentang 66-80%, artinya pengunjung merasa puas dengan kinerja ruang publik Jalan Veteran.

Kata kunci : jalan veteran kota malang, kepuasan pengunjung, kinerja pelayanan, ruang publik

Halaman F 039-046
Download PDF :
IPLBI2016-F-039-046-Perhitungan Kepuasan Pengunjung Terhadap Kinerja Ruang Publik Menggunakan Customer Statisfaction Index (CSI)