Perencanaan Berbasis Partisipasi dalam Rangka Mencapai Pembangunan Kampung yang Layak Huni

by

Beny OY Marpaung(1), Dwira N. Aulia(2), Wahyuni Zahrah(3)

(1)Lab.Perkotaan dan Permukiman, Urban Regional Planning, Kampung Kota, Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.(2)Lab.Perkotaan dan Permukiman, Urban Regional Planning, Perumahan dan Permukiman, Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.
(3)Lab.Perkotaan dan Permukiman, Urban Design, Bidang Dampak Fisik dan Lingkungan Kota, Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Abstrak

Suatu kampung cenderung terbentuk tidak terencana, sehingga dalam membangunnya diperlukan keterlibatan penghuni kampung tersebut. Penelitian ini terkait dengan identifikasi partisipasi dalam rangka mendukung perencanaan kampung nelayan yang layak huni di Belawan Medan. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana partisipasi penghuni untuk memiliki keinginan terlibat dalam mendukung perencanaan kampung nelayan yang layak huni. Penelitian ini menggunakan pendekatan penyebaran kuesioner dan wawancara dalam proses pe-ngumpulan data. Metoda analisa data yang digunakan peneliti adalah metoda kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menemukan gambaran umum strategi komunikasi dalam perencanaan kam-pung dan strategi komunikasi dalam menghasilkan perencanaan kampung yang layak huni. Strategi komunikasi yang efektif tentunya diawali oleh perencanaan yang matang. Perencanaan yang matang mendukung keberhasilan tujuan terwujudnya pembangunan kampung yang layak huni. Dalam rangka menemukan strategi komunikasi yang paling tepat untuk terwujudnya pembangunan kampung yang layak huni, diperlukan kajian persepsi penghuni kampung yang mempengaruhi komunikasi dan tinjauan terhadap perencanaan berbasis partisipasi.

Kata-kunci : huni, kampung, layak, partisipasi, perencanaan

Halaman F 031-038
Download PDF :
IPLBI2016-F-031-038-Perencanaan Berbasis Partisipasi dalam Rangka Mencapai Pembangunan Kampung yang Layak Huni