Peran Vegetasi sebagai Mitigasi Bencana pada Permukiman Pantai Bahari Jenepento

by

Nurmaida Amri1, Edward Syarif2, Yahya Siradjuddin3

1 Lab. Desain Perumahan dan Lingkungan Permukiman/Permukiman Pesisir/Departemen Arsitektur/Fakultas Teknik/Universitas Hasanuddin.
2Lab. Desain Perumahan dan Lingkungan Permukiman/Morfologi Permukiman/Departemen Arsitektur/Fakultas Teknik/Universitas Hasanuddin.
3 Lab. Desain Perumahan dan Lingkungan Permukiman/Lingkungan Permukiman/Departemen Arsitektur/Fakultas Teknik/Universitas Hasanuddin.
Korespondensi: nurmaida.amri@gmail.com

https://doi.org/10.32315/ti.6.b017

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi vegetasi yang terbentuk dan pengaruhnya terhadap mitigasi bencana pada permukiman pesisir. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis synchronic reading melalui pengamatan langsung dilokasi dan dianalisis berdasarkan konsep vegetasi pada area pesisir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa vegetasi yang telah berkembang dipermukiman Pantai Bahari merupakan jenis tumbuhan yang berfungsi sebagai mitigasi bencana pada permukiman pesisir. Tulisan ini dapat menjadi konsep pelestarian ekosistim permukiman pesisir yang sesuai dengan karakteristik lingkungan dan kondisi sosial masyarakat setempat.

Kata-kunci : mitigasi bencana, pantai bahari, vegetasi

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 6, B 017-022
Download PDF