Peningkatan Kualitas Bangunan Fungsi Surf Camp untuk Kenyamanan Tinggal pada Fasilitas Akomodasi di Bali

by

Kresna Aditya Ramadhan Paturusi

Mahasiswa Program Magister Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Abstrak

Bali merupakan pulau kecil yang merupakan surga bagi pecinta olahraga selancar. Biasanya peselancar atau yang berminat untuk belajar akan mencari fasilitas akomodasi yang terjangkau dan menyediakan layanan untuk mengajari atau menemani berselancar. Surf Camp merupakan sebuah fasilitas akomodasi yang berkembang di Bali khususnya di bagian selatan, dimana memiliki banyak surf spot atau tempat bermain surfing. Perkembangan yang cukup pesat ini akan menjadi rawan bagi ekonomi dan pariwisata jika tidak diiringi dengan pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki pengembang fasilitas akomodasi ini, khususnya pengetahuan terkait dengan kenyamanan tinggal seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pada surf camp yang sudah ada hingga nantinya kekurangan tersebut akan dapat diselesaikan dan kelebihannya dapat dipertahankan atau bahkan dikembangkan. Data tersebut didapat dari komunitas yang berkecimpung dalam bidang terkait dan wisatawan yang pernah menginap atau mengunjungi surf camp. Selanjutnya data tersebut diolah sehingga nantinya diketahui faktor-faktor penentu kenyamanan tinggal seseorang pada bangunan fungsi surf camp.

Kata-kunci : akomodasi, kenyamanan tinggal, pariwisata, surf camp, wisatawan

Halaman G 081-084
Download PDF :
IPLBI2016-G-081-084-Peningkatan Kualitas Bangunan Fungsi Surf Camp Untuk Kenyamanan Tinggal Pada Fasilitas Akomodasi Di Bali