Penilaian Afektif terhadap Kualitas Ruang Studio Arsitektur Studi Kasus: Ruang Studio Lantai 6 Gedung Arsitektur ITB

by

Ita Roihanah, Christy Vidiyanti, Nurfadhilah Aslim, Hibatullah Hindami

Mahasiswa Magister Arsitektur Alur Riset 2013/Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan

Abstrak

Ruang studio merupakan fasilitas utama yang dibutuhkan untuk kelancaran belajar mengajar pada perkuliahan Arsitektur.Kualitas ruang studio menjadi penting diperhatikan untuk meningkatkan performa ruangan dalam menunjang kebutuhan dalam aktivitas studio arsitektur.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas ruang studio berdasarkan penilaian afektif pengguna dari segi setting ruang, kinerja ruang, serta kepuasan pengguna dalam ruang.Studi kasus yang dipilih adalh ruang studio Lantai 6 Labtek IXB ITB. Latar belakang pengguna juga dijadikan salah satu faktor yang dilihat untuk mengetahui cara pandang pengguna dalam menilai ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan grounded research, sedangkan analisis dilakukan dengan metode kuantitaif dibantu dengan software Ms. Excel dan JMP. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kualitas ruang studio 6 berada pada nilai rata-rata.Selain itu, terdapat keterhu-bungan yang signifikan antara setting, kinerja, dan kepuasan pengguna dalam ruang. Perbedaan latar belakang pengguna juga memberikan dampak pad acara menilai kualitas ruang studio berdasarkan persepsi mereka masing-masing.

Kata-kunci: kualitas ruang, studio, afektif

Halaman 41-46
Download PDF:
TI2014 A p041-046 Penilaian Afektif terhadap Kualitas Ruang Studio Arsitektur Studi Kasus Ruang Studio Lantai 6 Gedung Arsitektur ITB