Penggunaan Drone sebagai Media Digitasi Penggambaran 3 Dimensi Bangunan dan Pemetaan Kawasan

by

Muhammad Fajri Romdhoni(1), Johannes Adiyanto(2), Hendi Warlika Sedoputro(3)

(1)Lab Digital Arsitektur, Sains dan Teknologi Bangunan, Arsitektur, Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.
(2)Lab Pelestarian, Sejarah dan Teori Arsitektur, Arsitektur, Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.
(3)Lab Rancang Kota, Perencanaan dan Perancangan Kota, Arsitektur, Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.

Abstrak

Perkembangan media digital berkembang dengan sangat cepat dan kebutuhan dalam menggunakan media digital di dalam lingkup arsitektur semakin dibutuhkan. Penggunaan media digital arsitektur sangat beragam, mulai dari penggunaan AutoCad sebagai alat penggambaran berbasis vector, dan juga penggunan Sketchup sebagai alat menggambar model arsitektur, hingga penggunaan 3dmax dan lumion sebagai alat menggambar animasi dan rendering digital model arsitekur. Program di dalam arsitektur tidak hanya digunakan sebagai alat visual tetapi juga sebagai alat untuk melakukan kalkulasi data seperti Openstudio, Ecotect Analysis dan juga pendataan visual grafik analisis seperti UCL depthmap. Salah satu kebutuhan arsitek di dalam melakukan pengembangan pada kawasan bersejarah adalah adanya data eksisting terhadap bangunan yang sudah ada. Bentuk terukur dari bangunan eksisting, dan juga adanya eksisting material serta pemetaan aktual dan terkini dari kawasan yang akan di bangun merupakan data yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan bangunan ataupun kawasan. Dengan adanya drone, sebuah alat aerial yang dilengkapi dengan kamera 4k dengan resolusi pixel sangat tinggi yang dapat merekam baik still image maupun video berkembang menjadi sebuah alat yang dapat melakukan pendataan yang sangat bermanfaat dalam lingkup pengembangan arsitektur, terutama pendataan dan digitasi bangunan heritage yang notabene sangat sulit untuk mendapatkan data gambar ataupun blueprint asli dari bangunan tersebut. Perkembangan drone menjadi sangat menarik, tidak hanya sebagai alat untuk menyalurkan hobby tetapi juga menjadi alat yang sangat berguna dan memiliki pengembangan potensi yang masih sangat besar.

Kata-kunci : digital arsitektur, digitasi, drone, pemetaan

Halaman H 149-154
Download PDF :
IPLBI2016-H-149-154-Penggunaan drone sebagai media digitasi penggambaran 3 dimensi bangunan dan pemetaan kawasan