Pengembangan Kawasan Sungai Tallo: Sebuah Upaya Peningkatan Kualitas Kota Makassar

by

Arifuddin*, M. Taufik Ishak**, Roslinda Ibrahim***

*Perencanaan dan Perancangan Kota/Perenc. & Peranc. Kota, Prodi Pengemb. Wilayah & Kota/Jur Arsitektur, Fak Teknik/Unhas.
**Sains Bangunan/Utilitas Bangunan, Program Studi Arsitektur/Jur Arsitektur, Fakultas Teknik/Universitas Hasanuddin.
***Mahasiswa Program doktor/Teknik Lingkungan, Program Studi Teknik Sipil/Jur Sipil, Fakultas Teknik/Universitas Hasanuddin.

Abstrak

Paper ini terbentuk dari kesadaran akan pentingnya kawasan sungai dengan segala potensinya dalam meningkatkan kualitas kota. Kasus menarik yang diangkat adalah kawasan Sungai Tallo yang cenderung menurun kualitasnya jika tidak dilakukan pengembangan segera. Studi ini bermaksud untuk meningkatkan kualitas kota Makassar dan citra kawasan terutama dalam pengembangan sektor wisata bahari, sejarah, dan wisata belanja yang ditunjang oleh pengembangan sektor transportasi sungai yang terpadu dengan transportasi darat. Pendekatan dalam kajian ini dimulai dengan melakukan identifikasi terhadap potensi-potensi lahan kawasan Sungai Tallo baik fisik maupun non fisik, kemudian dilakukan identifikasi berbagai jenis aktifitas pada kawasan saat ini, selanjutnya dilakukan analisis kondisi, kebutuhan, dan keterkaitan aktifitas yang ada, dan akhirnya mengemukakan alternatif konsep dan strategi pengembangannya kawasan Sungai Tallo yaitu konsep pengembangan kawasan yang livable, produktif dan ramah lingkungan yang diharapkan dapat menjadi sebuah panduan strategi pengembangan kawasan Sungai Tallo khususnya bagi para perancang kota, pemerhati kawasan aliran sungai, pengambil keputusan, dan masyarakat.

Kata-kunci : kawasan, Makassar, pengembangan, Sungai Tallo

Halaman 7-12
Download PDF:
TI2013 02 p007-012 Pengembangan Kawasan Sungai Tallo