Pengaruh Fungsi Vegetasi terhadap Kenyamanan Termal Lanskap Jalan di Kawasan Kolonial Jalan Besar Idjen, Malang

by

Rizki Alfian(1), Irawan Setyabudi(2), Rofinus Seri Uran(3)

(1) Bidang Keahlian Perencanaan Lanskap, Program studi Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, Universitas Tribhuwana Tunggadewi.
(2) Bidang Keahlian Desain Arsitektur, Program studi Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, Universitas Tribhuwana Tunggadewi.
(3) Mahasiswa Program studi Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Abstrak

Sebagian besar lanskap jalan di Kota Malang kurang memperhatikan kondisi fisik dan sosial lanskap jalan, elemen perkerasan, dan pemeliharaan vegetasi pada lanskap jalan. Lanskap jalan berperan penting dalam membangun karakter lingkungan, spasial, dan visual agar dapat memberikan suatu identitas perkotaan khususnya di Jalan Idjen Kota Malang yang memiliki karakter kolonial. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi vegetasi jalur hijau lanskap jalan di Jalan Idjen, 2) menga-nalisis kenyamanan thermal lanskap jalan di Jalan Besar Idjen, 3) mengevaluasi tingkat kenyamanan di Jalan Besar Idjen. Metode yang digunakan adalah pendekatan THI. Nilai THI yang didapat kemudian dianalisis menggunakan standar dari Laurie (1990). Pengamatan di lapangan menun-jukkan Jalan Idjen memiliki nilai THI 28.52. Hal ini dipengaruhi oleh kerapatan tajuk pohon dan jarak tanam pohon pada lanskap jalan. Sehingga perlu digunakan tanaman penaung dengan tajuk tanaman yang mempunyai sistem perakaran yang tidak merusak konstruksi jalan, percabangan tanaman tidak mudah patah dan mudah dalam pemeliharaannya.

Kata-kunci : idjen, jalan, lanskap, termal.

Halaman A 079-084
Download PDF :
IPLBI2016-A-079-084-Pengaruh Fungsi Vegetasi terhadap Kenyamanan Termal Lanskap Jalan di Kawasan Kolonial Jalan Besar Idjen, Malang