Siti Julaihah1, Dini Rosmalia2, Nia Rachmawati3
1,2,3 Program Studi Arsitektur Universitas Pancasila.
Email korespondensi: sitijulaihah30@gmail.com
Abstrak
Transit Orientasi Development, TOD, merupakan salah satu pendekatan pengembangan kota mengadopsi tata ruang campuran dengan memanfaatkan penggunaan angkutan massal dari berbagai jenis moda transportasi. Perencanaan TOD diutamakan agar pejalan kaki dari dan ke angkutan umum satu dan lainnya nyaman dan aman, walau pada jam padat. Kawasan Stasiun Manggrai sebagai salah satu Kawasan di DKI Jakarta yang sedang dalam pengembangan menjadi Kawasan TOD. Untuk itu penelitian ini bertujuan menilai kesesuaian kawasan tersebut menjadi Kawasan TOD yang ramah pejalan kaki dan pengguna sepeda, dengan menggunakan prinsip-prinsip dari Institue for Transportation and Development Policy, ITDP dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 3 tahun 2014. Dari Hasil penilian, diketahui bahwa jalur pedestrian belum sesuai standar yang dikeluarkan oleh PU, terutaman untuk tingkat kenyaman bagi pejalan kaki di sekitar stasiun sampai terminal dan sekitarnya. Adapun berdasarkan prinsip ITDP, kawasan ini masih tidak ramah pesepedah karena belum ada jalur khusus sepeda dan parkir sepeda.
Kata-kunci : pejalan kaki, stasiun manggarai, transit oriented development
Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 8.
E048-E053