Penerapan Pendidikan Ekonomi Kreatif di Pesantren sebagai sarana untuk Menghasilkan Pribadi Wirausaha yang dilandasi nilai-nilai Keagamaan

by

Mirshal Mauludin1, Tri Widianti Natalia2

1,2 Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, UNIKOM.
Korespondensi: mirshalm1996@gmail.com

https://doi.org/10.32315/ti.7.c046

Abstrak

Pendidikan pesantren menimbulkan fenomena tersendiri bagi kalangan penerus bangsa, yang mengindikasikan kepada sistem pendidikan yang digunakan masih tradisional dan perkembangannya tidak secepat pendidikan pada umumnya atau tidak mengalami perkembangan sama sekali. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran dan potensi penerapan sistem pendidikan ekonomi kreatif terhadap kemandirian anak, sebagai bekal mereka dalam menghadapi kehidupan setelah tuntas belajar di lingkungan sekolah. Dalam penyusunan ini penulis menggunakan metode analisis kualitatif dengan menyajikan dua jurnal sejenis. Hasil dari penelitian ini menunjukan mengenai pentingnya peran sistem pembelajaran ekonomi kreatif pada sebuah Lembaga Pendidikan Islam / pesantren. Selain itu penerapan sistem pendidikan ekonomi kreatif mempunyai potensi untuk menciptakan pribadi tanggung jawab, kreatif serta disiplin waktu kepada para pengguna perihal menjalani hidup lebih gigih, lebih produktif serta agar hidup tidak bergantung kepada orang lain.

Kata-kunci: Lembaga Pendidikan Islam, Ekonomi, Eksistensi, Kreatif, Pesantren

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 7, C 046-051
Download PDF