TEMU ILMIAH IPLBI

Fernanda Rafifah 1, Titus Adi Kurniawan 2

1,2 Laboratorium Kelompok Keilmuan, Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Pembangunan Jaya.

Email korespondensi: Fernanda.Rafifah@student.upj.ac.id

https://doi.org/10.32315/ti.9.c027

Abstrak

Dalam pembangunan gedung bertingkat, membutuhkan banyak waktu, uang, dan tenaga. Tidak hanya ketika masa pembangunan berlangsung, tetapi juga ketika bangunan tersebut sudah selesai dan bahkan selama bangunan tersebut masih berdiri tegak. Ketika bangunan gedung bertingkat berdiri, cukup banyak hal–hal yang harus dipelihara dan diperbaiki baik dari eksterior maupun interior. Pemeliharaan bangunan menjadi penting dalam bangunan gedung bertingkat. Selain untuk menjaga tampilan bangunan tetap bagus, pemeliharaan juga dilakukan supaya mutu bangunan baik dari segi struktural maupun arsitektural tetap terjamin dan terjaga. Pada bangunan condominium Bintaro Plaza Residence, pemeliharaan dilakukan dengan berbagai cara dan ditangani oleh beberapa pihak terkait. Pihak proyek dari PT Jaya Real Property memegang tugas dan tanggung jawab penuh dalam melakukan pemeliharaan dan perbaikan complain atau kerusakan. Sedangkan pihak pengelola sebagai pihak yang bertanggung jawab menyampaikan komplain–komplain terkait dengan pemeliharaan bangunan gedung condominium Bintaro Plaza Residence tersebut.

Kata-kunci : pemeliharaan, perbaikan, komplain, condominium

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 9.
C027-C034