TEMU ILMIAH IPLBI

Dwi Lindarto 1, Masyithah Rahman 2, Khadijah Zahira Haq 3

1,2  Lab. Perancangan Arsitektur,Departemen Arsitektur, Universitas Sumatera Utara.
3,4 SDIT Zahira School Medan.

Email korespondensi: dwi.lindarto@usu.ac.id

https://doi.org/10.32315/ti.9.c043

Abstrak

Adaptasi new normal masa pandemi dibidang pendidikan dasar selayaknya di sikapi dengan persiapan yang optimal menjelang pembelajaran tatap muka. Dimasa pandemi model pembelajaran yang dilaksanakan adalah secara daring (online) ataupun door-to-door yang pelaksanaannya tidak serta merta terselenggara dengan baik terutama berkaitan dengan tempat belajar. Dalam perspektif pengembangan wilayah yang multi dimensional sosial, ekonomi, budaya, infrastruktur, kebijakan publik, penataan ruang publik dsb. maka kajian ini bertujuan untuk mengungkapkan alternatif penyediaan fasilitas sosial tempat belajar door-to-door dengan melihat kemungkinan peningkatan fungsi taman kota yang edukatif dan relevan dengan protokol kesehatan di masa pandemi. Dengan metode deskriptif kualitatif dan analisis model Milles & Huberman dilakukan wawancara kepada orang tua murid, guru Zahira School Medan dan masyarakat pendidikan serta observasi atas pelaksanaan pembelajaran door-to-door. Selanjutnya dilakukan analisis potensi dan peningkatan peran fungsi edukasi suatu Taman Kota. Analisis menunjukkan bahwa taman kota mampu tampil sebagai alternatif penyediaan tempat bagi pembelajaran door-to-door dengan tambahan kreatifitas beradaptasi di masa new normal. Hasil kajian ini bermanfaat bagi pemerintah kota sebagai arahan perancangan fungsional taman kota yang selayaknya juga mempertimbangkan adanya kebutuhan tempat alternatif pembelajaran door-to-door berkualitas.

Kata-kunci : adaptasi new normal, pembelajaran door-to-door, pengembangan wilayah, taman kota

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 9.
C043-C050