Pemanfaatan Lindi sebagai Bahan EM4 dalam Proses Pengomposan

by

Evelin Novitasari(1), Edelbertha Dalores Da Cunha(2), Candra Dwiratna Wulandari(3)

(1)Program Kreativitas Mahasiswa, Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institusi Teknologi Nasional Malang.
(2)Penelitian Ilmiah, Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institusi Teknologi Nasional Malang.
(3)Teknik Lingkungan, Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institusi Teknologi Nasional Malang.


Abstrak

Sampah telah menjadi permasalahan di berbagai tempat di Indonesia. Peningkatan jumlah sampah mengakibatkan peningkatan volume lindi di Tempat Pengolahan Akhir (TPA) termasuk di TPA Supit Urang Malang sehingga dapat merusak lingkungan dan kehidupan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan lindi sebagai bahan EM4 yang diharapkan dapat membantu masyarakat dalam proses pengomposan. Berdasarkan hasil penelitian, kandungan kompos terbaik adalah dengan penambahan 400 ml EM4 yang telah dicampurkan dengan 800 ml lindi dan didiamkan selama 7 hari dimana semakin banyak EM4 dan semakin lama waktu pengomposan maka semakin bagus kualitas kompos yang dihasilkan dilihat dari parameter uji kompos yaitu Karbon (C), Nitrogen (N), Kalium (K), Phospor (P), suhu dan pH.

Kata-kunci : EM4, lindi, pengomposan, sampah

Halaman H 115-120
Download PDF :
IPLBI2016-H-115-120-Pemanfaatan Lindi Sebagai Bahan EM4 Dalam Proses Pengomposan