Pemahaman Masyarakat terhadap Faktor Struktural dan Non-struktural Rumah Tahan Gempa

by

Agus Dwi Hariyanto(1), Sugeng Triyadi(2), Hanson E. Kusuma(3)

(1)Mahasiswa Program Studi Doktor Arsitektur, SAPPK, Institut Teknologi Bandung, Dosen Program Studi Arsitektur UK Petra.
(2)Kelompok Keilmuan Teknologi Bangunan, SAPPK, Institut Teknologi Bandung.(3)Kelompok Keilmuan Perancangan Arsitektur, SAPPK, Institut Teknologi Bandung.

Abstrak

Kesadaran masyarakat terhadap kualitas bangunan rumahnya dapat mendukung pemerintah dalam program mitigasi bencana gempa bumi. Mitigasi adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk mengu-rangi resiko terhadap bencana. Mitigasi non fisik untuk gempa mencakup peran serta masyarakat dalam meningkatkan pemahaman terhadap kualitas rumah yang aman terhadap gempa. Kemampuan masyarakat menilai kondisi rumahnya bila terjadi gempa dapat mencerminkan tingkat pemahaman mereka bagaiman rumah yang aman terhadap gempa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman masyarakat terhadap kriteria rumah tahan gempa. Selain itu penelitian ini dilakukan mengetahui korespondensi antara rasa aman responden terhadap rumahnya dengan kriteria rumah tahan gempa. Penelitian kualitatif ini diolah dengan analisis data teks, dilanjutkan dengan analisis distribusi, korespondensi, dan cluster. Pemahaman responden cukup baik karena responden mampu menilai kondisi rumahnya bila terjadi gempa dan mampu memberikan gambaran kriteria rumah yang aman terhadap gempa. Dari hasil analisis data teks, terdapat tujuh kriteria yang dapat dikelompokan dalam kategori faktor struktural (struktur responsif, material sesuai, bentuk sederhana, kondisi tanah stabil) dan non struktural (elemen arsitektur tidak rusak, mudah menyelamatkan diri, dan pelaksanaan tepat). Faktor struktural lebih dominan dibanding dengan faktor non struktural, dengan frekuensi tertinggi kriteria struktur responsif. Selain itu terdapat hubungan yang signifikan antara variabel hasil penilaian terhadap rumah tinggal dengan kriteria tahan gempa.

Kata-kunci : rumah, tahan gempa, struktural, non struktural, pemahaman masyarakat

Halaman H 109-114
Download PDF :
IPLBI2016-H-109-114-Pemahaman Masyarakat terhadap Faktor Struktural dan Non-struktural Rumah Tahan Gempa