Pariwisata Berbasis Masyarakat Pasar Buah Berastagi

by

Nurlisa Ginting(1), Selly Veronica(2)

(1) Laboratorium Perkotaan dan Permukiman, Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.(2) Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Abstrak

Kabupaten Karo merupakan daerah yang mengandalkan pariwisata sebagai struktur penyokong utama perekonomiannya, dimana Berastagi merupakan kota yang paling banyak menyumbang melalui sektor pariwisata. Tujuan wisata belanja Kota Berastagi sebagai pusat oleh-oleh adalah Pasar Buah dengan kemampuannya menarik wisatawan. Tujuan wisata Pasar Buah sangat berpotensi untuk lebih dikembangkan lagi sehingga mampu memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat lokal. Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di Pasar Buah Berastagi akan mengoptimalkan potensi dan manfaat positifnya bagi masyarakat. Untuk mengembangkan Pasar Buah Berastagi dibutuhkan identifikasi peran masyarakat lokal dalam pengembangan pariwisata di Pasar Buah serta potensi pengembangannya dengan konsep pariwisata yang berbasis masyarakat. Untuk menemukan gambaran pemikiran masyarakat yang objektif, peneliti menggunakan jenis pene-litian deskriptif dengan metoda campuran. Hasil dari penelitian ini menjadi landasan peneliti dalam menghasilkan rekomendasi pengembangan pariwisata Pasar Buah Berastagi dengan berbasis masyarakat.

Kata-kunci : pariwisata, pariwisata berbasis masyarakat, pasar buah.

Halaman C 035-042
Download PDF :
IPLBI2016-C-035-042-Pariwisata Berbasis Masyarakat, Mampukah Pasar Buah Berastagi