Motivasi Pengunjung ke Shopping Mall pada Studi Kasus Bandung Indah Plasa

by

M. Prasetiyo Effendi Yasin*

*Kelompok Keilmuan Perancangan Arsitektur,  Sekolah Arsitektur Perencanaan, Pengembangan dan Kebijakan, ITB

Abstrak

Penelitian tentang motivasi dan latar belakang pengunjung masih belum banyak di teliti di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi hedonik dan utilitarian pada studi kasus Bandung Indah Plasa dan latar belakang pengunjungnya. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan kuesioner yang diperoleh secara random baik pada saat week days maupun week end. Analisis dilakukan secara kuantitatif. Analisis korespondensi antar variabel menggunakan perangkat statistik. Dari penelitian diketahui bahwa pengunjung Bandung Indah Plasa lebih banyak bermotif hedonik dibanding utilitarian. Dari analisis korespondensi terlihat bahwa motivasi kelompok ibu rumah tangga dan pegawai swasta lebih hedonik dibandingkan kelompok mahasiswa, pegawai negeri sipil dan wirausahawan yang lebih cenderung utilitarian.

Kata-kunci: shopping mall, motivasi, hedonik, utilitarian

Halaman 5-8
Download PDF:
TI2012-01-p005-008 – Motivasi Pengunjung ke Shopping Mall pada Studi Kasus Bandung Indah Plasa