Model Konservasi Sungai Mewek Studi Kasus : Sungai Mewek Kelurahan Tasikmadu-Tunjungsekar Kota Malang

by

Budi Fathony*, Sudiro**, Eding Iskak Imananto***

*Perkembangan Arsitektur/Arsitektur/Arsitektur Lingkungan, Arsitektur/Sipil & Perencanaan/ Institut Teknologi Nasional Malang
**Konservasi Lingkungan/Lingkungan/Sipil & Perencanaan/Institut Teknologi Nasional Malang
***Sipil Geoteknik/Teknik Sipil/Mektan & Rekayasa Pondasi/Sipil & Perencanaan/ Institut Teknologi Nasional Malang

Abstrak

Sungai Mewek bagian dari Daerah Aliran Sungai yang relatif membelah dari barat-timur wilayah kelurahan Tasikmadu-Tunjungsekar, di Kota Malang. Potensi kali mewek dipandang sebagai aliran sumber air, pertemuan sungai-sungai kecil dari kota Batu. Pesatnya pertumbuhan penduduk kawasan perumahan baru sekitar daerah aliran sungai Mewek berdampak terhadap kualitas lingkungan dan terganggunya keseimbangan fungsi-fungsi alam sekitar. Permasalahan perkembangan arsitektur dan lingkungan perlu dilakukan studi konservasi, sehingga mendapatkan model tentang pelestarian DAS. Tujuan mendapatkan hasil kajian sinergi dari permasalahan pembangunan kawasan perumahan dan permukiman daerah aliran sungai, karakter sosial dan budaya masyarakat. Mencegah masyarakat melakukan pencemaran sungai berupa membuang sampah dan hajat Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan obeservasi lapangan, deskriptif kualitatif; Metode triangulasi data : (1). Focus Group Discusion (FGD) pada (3 orang/warga) sekitar sungai; (2) Observasi non participant pada setting sungai.
Mendapatkan model konservasi hasil kajian sinergi khususnya daerah aliran sungai sehingga bermanfaat bagi pelestarian lingkungan,wisata air sungai dan peningkatan ekonomi rakyat.

Kata kunci: arsitektur, konservasi, lingkungan dan model

Halaman 1-6
Download PDF:
TI2014 F p001-006 Model Konservasi Sungai Mewek Studi Kasus Sungai Mewek Kelurahan Tasikmadu Tunjungsekar Kota Malang