Kriteria Ruang yang Mendukung Motivasi Membaca

by

Angela C. Tampubolon(1), Hanson E. Kusuma(2)

(1) Program Studi Magister Arsitektur, SAPPK, Institut Teknologi Bandung.
(2) Kelompok Keahlian Perancangan Arsitektur, SAPPK, Institut Teknologi Bandung.

Abstrak

Kegiatan membaca memiliki sebuah wadah yang disebut ruang untuk membaca. Dalam proses merancang ruang membaca diperlukan kriteria ruang yang tepat agar karya perancangan dapat mendukung motivasi seseorang dalam membaca. Mahasiswa dipilih karena kegiatan sehari-hari mahasiswa tidak lepas dari kegiatan belajar dan membaca. Tujuan penelitian adalah ingin melihat hubungan antara motivasi mahasiswa dalam membaca dan alasan pemilihan lokasi untuk digunakan sebagai tempat membaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan survei online dalam bentuk kuesioner. Ditemukan kecenderungan, responden dengan motivasi pengembangan wawasan di luar akademik cenderung memilih tempat membaca yang memiliki kondisi kondusif, nyaman, menyenangkan, santai, dan mengundang untuk relaks. Responden juga cenderung memperhatikan adanya keberagaman fasilitas. Mayoritas responden memiliki motivasi intrinsik dalam kegiatan membaca.

Kata-kunci: mahasiswa, motivasi membaca, tempat membaca

Halaman E 111-118
Download PDF :
TI2015-E-111-118-Kriteria Ruang yang Mendukung Motivasi Membaca