Koservasi Air Hujan sebagai Air Bersih di Kawasan Kota Lama Semarang

by

FX bambang Suskiyatno1, Krisprantono2

1Infrastruktur Wilayah, Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain, Unika Soegijapranata
Korespondensi: bambang_sus@unika.ac.id

https://doi.org/10.32315/ti.7.i006

Abstrak

Pemanenan air hujan untuk kebutuhan air bersih sangatlah penting. Selain merupakan langkah baru dalam mengelola air hujan juga dapat mengurangi kerentanan bencana di suatu daerah. Penelitian tentang konservasi air hujan untuk air bersih di kawasan kota lama Semarang harus melalui kajian yang mendalam. Pemanenan air hujan untuk kebutuhan air bersih akan menghasilkan sebuah produk air bersih yang akan dapat dimanfaatkan secara nyata oleh masyarakat bagi keperluan hidup khususnya penghuni kawasan kota lama Semarang.

Air hujan di kota lama Semarang tidak terkelola dengan tepat sehingga menimbulkan permasalahan lingkungan berupa air air genangan di banyak tempat dan mengakibatkan banjir. Ditambah dengan lahan dan tanah diarea tersebut sangat buruk dengan topografi kawasan yang relatif datardengan ketinggian muka tanah hampir 0.

Penelitian akan melihat sejauh mana air hujan dapat dikonservasi menjadi air bersih melalui pengelolaan yang baik dapat mengurangi kerentanan di masyarakat setempat terhadap genangan dan banjir. Pula sejauh mana pengelolaan air hujan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga tidak hanya menimbulkan bencana tetapi justru mempunyai nilai positif sebagai suplai ait bersih dalam kawasan yang berguna bagi kehidupan masyarakat.

Kata-kunci : air, hujan, pemanenan, kota lama

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 7, I 006-011
Download PDF