Konsep Tata Bangunan pada Permukiman Padat di Kawasan Pesisir Pantai, Studi Kelurahan Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar

by

Wiwik Wahidah Osman*, Amalia Paramitha**

*Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
**Program Magister Arsitektur dan Perencanaan Pariwisata, Program Pascasarjana Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.

Abstrak

Konsep merupakan ide yang ditemukan dari hasil strategi pemecahan isu atau permasalahan yang teridentifikasi dari beberapa isu atau permasalahan dan karakteristik lingkungan yang ada. Kelurahan Cambaya merupakan salah satu permukiman padat di kota Makassar. Jumlah penduduk kelurahan Cambaya semakin meningkat, tatanan kehidupan masyarakat semakin kompleks, perekonomian cenderung semakin tinggi sehingga merubah struktur sosial masyarakat dalam kelompok-kelompok kecil, bersatu membentuk suatu permukiman yang padat secara bertahap dan alami. Cara membangun rumah masyarakat dengan pola yang tidak jelas, kondisi fisik bangunan relatif kecil dan saling berdekatan, kualitas bangunan rumah penduduk yang rendah serta fasilitas dan sarana/prasarana lingkungan permukiman yang kurang baik. Penelitian ini membahas secara kualitatif dalam kerangka deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan karakteristik dan kualitas lingkungan serta isu permasalahan lingkungan yang ditemui. Fokus penelitian: 1. Karakteristik bangunan; 2. Intensitas bangunan; 3. Tata letak bangunan; 4. Jalan perumahan; dan 5. Fasilitas dan prasarana dasar. Tujuan akhir penelitian yaitu menemukan konsep tata bangunan yang tepat untuk permukiman padat di kawasan pesisir pantai Kelurahan Cambaya.

Kata-kunci: kawasan pesisir pantai, permukiman padat, tata bangunan

Halaman 41-47
Download PDF:
TI2013 06 p041-047 Konsep Tata Bangunan pada Permukiman Padat di Kawasan Pesisir Pantai