Konsep Pemasaran Sektor Unggulan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

by

Ghaziyah Ghandy Panessai1, Yuniza Pridanti2, Ahmad Aulia Bahrun Amieq3

1,3 Lab. Perencanaan dan Perancangan Kota, Departemen Perencanaan Wilayah Dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.
Lab. Perencanaan Perumahan dan Permukiman,Departemen Perencanaan Wilayah Dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.
Korespondensi: ghaziyahg@gmail.com

https://doi.org/10.32315/ti.6.f017

Abstrak

Potensi wilayah dapat dimanfaatkan bagi suatu wilayah untuk pembangunan sektor-sektor ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan produksi, memperluas kesempatan kerja dan kesempatan berusaha, serta dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi wilayah yang merupakan sektor unggulan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Dengan menggunakan metode perhitungan Location Quotient (LQ) yang bertujuan untuk mengidentifikasi suatu komoditas unggulan, diperoleh hasil yaitu sektor industri pengolahan memiliki angka LQ tertinggi yaitu 3,68 berada pada status basis sehingga sektor ini dapat dikembangkan atau diekspor untuk meningkatkan perekonomian daerah. Pemasaran dilakukan pada sektor industri pengolahan yaitu komoditi bahan galian bukan logam yang telah diolah oleh pabrik PT Semen Tonasa sehingga dengan mengadopsi konsep pemasarandilakukan  dengantaktik bauran pemasaran digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan.

Kata-kunci : potensi wilayah, sektor unggulan, Location Quotient, pemasaran

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 6, F 017-020
Download PDF