Ketertarikan Publik terhadap Keberadaan Creative Space

by

Putu Rahayu Sitha Dewi

Program Studi Magister Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), ITB.

Abstrak

Creative Space merupakan tempat yang baru berkembang beberapa tahun terakhir di Indonesia. Creative Space muncul dikarenakan berkembangnya komunitas bukan hanya di bidang kreatif namun juga pada bidang budaya, teknologi, sosial dan bisnis. Komunitas ini ternyata membutuhkan suatu wadah atau ruang bagi mereka untuk bisa berinteraksi, mendiskusikan hal-hal yang mereka tekuni bersama, berbagi ilmu, hingga berkarya menghasilkan sesuatu yang positif yang bisa dinik-mati oleh komunitas itu sendiri ataupun juga oleh masyarakat. Tujuan penulisan artikel ini adalah sebagai bagian awal dari proses perancangan bangunan Creative Space. Menanggapi fenomena berkembangnya komunitas kreatif maka sabagai langkah awal perancangan harus dilakukan pene-litian terkait fungsi, pengguna dan kegiatan apa yang diwadahi pada sebuah Creative Space. Dari hasil survey online pada komunitas dan non-komunitas didapat jawaban terkait 3 aspek yang dita-nyakan yaitu opini atau pendapat responden tentang Creative Space, kegiatan apa yang diwadahi pada sebuah Creative Space dan pandangan terhadap keberadaan Creative Space tersebut. Dari hasil analisis data terdapat berbagai macam jawaban dan pendapat responden terkait 3 aspek terse-but yang tentunya positif dan dapat berguna dalam proses awal perancangan sebuah Creative Space.

Kata-kunci : creative space, komunitas kreatif, perancangan creative space

Halaman C 029-034
Download PDF :
IPLBI2016-C-029-034-Ketertarikan Publik Terhadap Keberadaan Creative Space