Ketahanan Masyarakat terhadap Bencana di Pulau Saugi

by

Rahmi Amin Ishak(1), Nurmaida Amri(2), Ria Wikantari(3), Imriyanti(2)

(1) Lab. Perancangan Arsitektur, Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.
(2) Lab. Perumahan & Permukiman, Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.
(3) Lab. Teori, Sejarah & Lingkungan Perilaku Arsitektur, Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin,  Makassar.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis ketahanan masyarakat terhadap resiko bencana ditinjau dari aspek fisik bangunan dan lingkungan permukiman serta aspek kewaspadaan terhadap resiko bencana di Pulau Saugi. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah penduduk dan lingkungan, rumah tinggal di Pulau Saugi. Sampel penduduk ditentukan sebanyak 40 responden Kepala Keluarga (KK).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketahanan bencana di Pulau Saugi cenderung rendah; bangunan hunian tidak memiliki penguatan struktur dan konstruksi bangunan, serta penguatan khusus pada infrastruktur tapak, lansekap dan lingkungan. Penduduk umumnya cukup memiliki pengetahuan tentang jenis bencana alam, serta sadar dan waspada terhadap resiko bencana di Pulau Saugi, namun antisipasi dan tindakan yang dilakukan masih terbatas pada menyiapkan tempat evakuasi dan berlindung di dalam rumah.

Kata-kunci : pulau kecil, ketahanan bencana, penduduk, permukiman

Halaman G 055-060
Download PDF :
IPLBI2016-G-055-060-Ketahanan Masyarakat terhadap Bencana di Pulau Saugi