Keluhan dan Harapan Masyarakat terhadap Karakteristik Toilet Umum di Indonesia

by

Anastasia Astrid Ronauly

Program Studi Magister Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), ITB.

Abstrak

Sanitasi merupakan salah satu masalah krusial yang kurang mendapat perhatian baik secara global maupun di Indonesia. Indonesia termasuk salah satu negara dengan tingkat sanitasi yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah penelitian mengenai sanitasi di Indonesia. Penelitian ini akan mengungkapkan persepsi/keluhan masyarakat dan harapan mereka terhadap toilet umum di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan bebas. Setiap data yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari ana-lisis data menunjukkan bahwa masyarakat mempunyai kesamaan persepsi terhadap toilet umum di Indonesia yaitu negatif seperti kotor, bau, fasilitas tidak memadai, dan kurang terawat. Sedang-kan harapan masyarakat terhadap toilet umum yaitu akses untuk kaum difabel, aroma, kebersihan, fasilitas, biaya, konfigurasi ruang, sirkulasi udara, perawatan, keamanan, kenyamanan, lokasi, motivasi bagi pengguna, serta kesadaran pengguna.

Kata-kunci : toilet umum, keluhan, harapan, Indonesia

Halaman D 067-072
Download PDF :
iplbi2016-d-067-072-keluhan-dan-harapan-masyarakat-terhadap-kamar-mandi-umum-di-indonesia