Kelayakan Investasi Potensi Kawasan Pariwisata

by

Yohanes P. Erick A.

Pusat Studi KASTA (Konservasi Arsitektur dan Perencanaan Pariwisata), Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Gorontalo.
Korespondensi: erickyohanes@rocketmail.com

https://doi.org/10.32315/ti.7.j083

Abstrak

Kabupaten Pohuwato memiliki potensi pariwisata alam yang tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia, antara lain kekayaan alam pesisir pantai, biota laut, pegunungan, pulau-pulau kecil dan hutan lindung. Kekayaan alam tersebut jika direncanakan dan dikelola dengan baik akan berpotensi menjadi potensi unggulan daerah. Kabupaten Pohuwato sedang fokus dalam pengembangan destinasi wisata yang salah satunya ada di Kawasan Pantai Pohon Cinta, Kecamatan Marisa. Di sisi lain, pengembangan destinasi wisata tersebut memerlukan anggaran yang cukup besar, sehingga perlu adanya investasi dari para investor untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pohuwato dalam rangka pengembangan destinasi wisata tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan rekomendasi kelayakan potensi investasi yang siap ditawarkan kepada para investor dalam rangka pengembangan kawasan di Kawasan Pantai Pohon Cinta, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dimana menemukenali secara sistematis hasil observasi kondisi di lapangan untuk selanjutnya dianalisis dalam rangka menghasilkan rekomendasi kelayakan.
Analisis yang dilakukan dalam rangka menilai kelayakan investasi potensi kawasan pariwisata ini antara lain analisis spasial/ keruangan, analisis brand image, analisis triple a’s, analisis SDM dan masyarakat, analisis kelembagaan, analisis five forces, analisis value chain, analisis STP, analisis three levels of product, analisis PSU, analisis potential demand pengunjung (pasar), analisis SWOT, analisis kelayakan investasi dan analisis kerjasama.
Hasil penelitian ini adalah bahwa Kawasan Pantai Pohon Cinta di Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo layak dilakukan investasi terkait dengan potensi pariwisatanya yang dipandang dari berbagai sudut analisis dan penilaian.

Kata-kunci : investasi, kelayakan, pantai, pariwisata, potensi

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 7, J 083-090
Download PDF