Karakteristik Plasis Asia sebagai Firma Arsitektur Startup

by

Slamet Zarkasih1, Nugraha Sulaiman Irsyad2, Fardhani Yodiatama3, Agus Suharjono Ekomadyo4

1,2,3 Mahasiswa Program Sarjana Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung.
Dosen Program Sarjana Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung.
Korespondensi: slametzarkasih@gmail.com

https://doi.org/10.32315/ti.6.i137

Abstrak

Plasis (PT Plasis Mitra Asia) adalah sebuah perusahaan desain, memberikan perencanaan, arsitektur dan konsultan interior untuk pengembang, perusahaan, dan individu. Perusahaan ini masih terbilang muda, didirikan pada tahun 2010. Sebagai firma arsitekturyang baru dirintis dan belum cukup lama beroperasi, Plasis Asia tentu memiliki karakteristik yang berbeda dari firma-firma arsitektur yang telah berdiri jauh sebelumnya dengan lebih banyak pengalaman desain. Karakteristik Plasis Asia itu kemudian penulis coba gali dengan menggunakan teori Design Methods yang dicetuskan oleh J. Christopher Jones dalam bukunya “Design Methods : Seeds of Human Futures” (1970). Analisis karakteristik Plasis Asia ini dilakukan melalui penentuan design point of view, design process disintegrated, dan design strategy yang dilakukan oleh Plasis Asia dalam setiap proyek rancangannya.

Kata kunci : Plasis Asia, Startup, Design Methods

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 6, I 137-142
Download PDF