Karakteristik Masjid Tradisional di Kota Palembang Studi Kasus Masjid-Masjid Tua di Kota Palembang, Sumatera Selatan

by

Rangga Firmansyah S,Sn M,Sc

Sejarah dan Teori Arsitektur, Program Studi Desain Interior, Fakultas Industri Kreatif, Telkom University

Abstrak

Saat ini perancangan dan pemikiran arsitektur Islami lahir dari sebuah duplikasi dan peniruan terhadap bentuk-bentuk, elemen dan ornamentasi dari bangunan yang dianggap sebagai produk dari masyarakat Muslim. Pendekatan ini seringkali terbatasi dengan penggunaan simbol-simbol atau bentuk fisik yang dianggap merepresentasikan Islam & biasanya berasal dari Timur Tengah. Hal ini bisa terlihat dari perkembangan pembangunan masjid dan rehabilitasi masjid tradisional yang cenderung melupakan aspek lokal serta nilai & prinsip dasar Islam. Masjid tradisional Kota Palembang merupakan salah satu identitas lokal masyarakat Kota Palembang serta sebagai tempat yang dikhususkan dan mempunyai hukum khusus sebagai bangunan ibadah umat Islam (madaniyah khas). Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat melihat karakteristik masjid tradisional di Kota Palembang dilihat dari aspek fungsi, ruang, teknik dan bentuk, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan karakteristik masjid tradisional di Kota Palembang dilihat dari pengaruh nilai & prinsip dasar Islam serta pengaruh nilai budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kasus (case study), dengan mengambil teori Ching (2000) sebagai grand theory dalam aspek-aspek pembentuk karakteristik arsitektur. Hasil penelitian menunjukkan adanya ciri-ciri khas masjid tradisional di Kota Palembang yang dipengaruhi nilai & prinsip dasar Islam serta nilai budaya berbasis lokal. Hal ini terbentuk dari perpaduan pengaruh Khilafah Turki Utsmani dan Kerajaan Demak yang diadopsi oleh Kesultanan Palembang Darussalam dalam membangun masjid di kota Palembang saat itu.

Kata-kunci: karakteristik, madaniyah khas, masjid tradisional, nilai& prinsip dasar islam, budaya lokal, kota Palembang.

Halaman 87-94
Download PDF:
TI2014 A p087-094 Karakteristik Masjid Tradisional di Kota Palembang Studi Kasus Masjid-Masjid Tua di Kota Palembang, Sumatera Selatan