Karakter Festival pada Rancangan Pasar di Kawasan Bandung Technopolis

by

Annas T. Maulana, Agus S. Ekomadyo

Program Studi Sarjana Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), ITB.

Abstrak

Pasar festival merupakan sebuah pasar yang semarak dengan banyak kegiatan disamping juga sebagai tempat jual-beli. Pasar festival dapat menjadi sebuah tengaran kota, menyediakan ruang sebagai tempat berkumpul atau sebagai ruang sosio-kultural, juga sebagai tempat yang atraktif untuk kegiatan lain selain jual-beli, seperti pameran dan pagelaran. Bandung Technopolis merupakan sebuat citra baru Bandung, yang dirancang di Bandung Selatan sebagai pusat baru Kota Bandung. Bandung Technopolis memiliki keseriusan dalam membentuk Bandung yang berwawasan teknologi dan inovasi. Oleh karena itu, Kawasan Bandung Technopolis membutuhkan pasar dengan tema festival yang juga dapat menjadi tengaran, menyediakan ruang untuk berkegiatan bersama, dan sebagai pasar berwawasan masa depan. Karakter festival pada pasar dapat dilihat dari perancangan tapak yang dirancang menjadi tengaran, menyediakan ruang sosio-kultural, dan memanfaatkan pandangan kawasan. Penciptaan suasana pada pasar dirancang agar dapat menjadi tengaran dan ruang sosio-kultural. Serta bentuk yang menggunakan pendekatan perancangan transformasi kreatif elemen arsitektur tradisional dan pendekatan perancangan digital budaya lokal.

Kata-kunci : pasar festival, Bandung Technopolis

Halaman E 067-074
Download PDF :
TI2015-E-067-074-Karakter Festival pada Rancangan Pasar di Kawasan Bandung Technopolis