Kajian Tingkat Kepuasan Penghuni terhadap Kualitas Lingkungan Rusunawa

by

Suci Anugrah Yanti(1), Mimi Arifin(1), Mukti Ali(2)

(1)Lab. Perumahan dan Permukiman, Program Studi Pengembangan Wilayah dan Kota, Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.
(2)Lab. Perencanaan dan Perancangan Tepian Air, Program Studi Pengembangan Wilayah dan Kota, Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.

Abstrak

Rumah susun sederhana sewa ( Rusunawa ) di Kelurahan Daya dan Kelurahan Lette merupakan dua bangunan yang diresmikan pada tanggal 16 April 2005 dan keduanya di kelola oleh Pemerintah Daerah Kota Makassar. Program pembangunan Rusunawa dalam memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan menengah kebawah di kota, hasilnya sering tidak memberi dampak kepuasan terhadap penyewa. Beberapa kasus ketidakpuasan tinggal terjadi pada beberapa rumah susun akibat satu atau beberapa atribut yang tidak dilengkapi atau tidak dipenuhi oleh penanggungjawab atau badan pengelola atau pemerintah. Kekurangan tersebut menyebabkan buruknya kualitas lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu: Mengkaji kondisi eksisiting kualitas lingkungan rusunawa Daya dan Lette, mengkaji tingkat kepuasan di antara kedua Rusunawa dengan menggunakan indikator kepuasan penghuni dengan berdasar pada kualitas lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif kuantitatif , dengan menggambarkan tingkat kepuasan melalui perhitungan analisis bobot dan regresi multinomial. Hasil penelitian ini yaitu memperlihatkan tingkat kepuasan pada masing-masing rusunawa.

Kata-kunci : kualitas lingkungan, kepuasan penghuni, rusunawa

Halaman G 157-162
Download PDF :
IPLBI2016-G-157-162-Kajian Tingkat Kepuasan Penghuni Terhadap Kualitas Lingkungan Rusunawa (Studi Kasus Rusunawa Daya dan Lette Kota Makassar)-0