Kajian Persepsi Masyarakat terhadap Sekolah Darurat di Kampung Pemulung Kota Makassar

by

Oky Dewantara1 , Jasmine C.U. Bachtiar2

1,2 Program Studi Magister Arsitektur, SAPPK, Institut Teknologi Bandung
Korespondensi: okyindonesia@students.itb.ac.id

https://doi.org/10.32315/ti.7.j058

Abstrak

Pembangunan fasilitas pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan kebutuhan pokok setiap individu. Pemerintah dan masyarakat memiliki peran dan kontribusi masing-masing dalam pendidikan. Penelitian ini fokus pada sekolah darurat di kampung pemulung. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi peran dan kontribusi masyarakat pada pendidikan. Penelitian berusaha melihat pendidikan dari persepsi masyarakat. Untuk itu digunakan metode penelitian kualitatif grounded theory yang bersifat eksploratif. Data dikumpulkan dengan kuesioner daring terbuka yang dibagikan secara non-random sampling. Data teks yang terkumpul diolah dengan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepedulian dan empati yang besar pada sekolah darurat di kampung pemulung. Masyarakat juga memiliki keinginan memberikan kontribusi berupa pemikiran, tenaga dan pembiayaan.

Kata-kunci : fasilitas, kampung pemulung, kontribusi, pendidikan, sekolah darurat.

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 7, J 058-065
Download PDF