Kajian Lanskap Wisata Pantai Puteh di Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara

by

Ingerid Lidia Moniaga(1), Octavianus H.A. Rogi(2), Amanda Sutarni Sembel(3)

(1)Laboratorium Bentang Alam, Kelompok Perancangan Arsitektur Lanskap, Arsitektur Lanskap, Perencanaan Wilayah dan Kota, Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sam Ratulangi.
(2)Laboratorium Metode dan Teori Arsitektur, Kelompok Sejarah, Teori dan Kritik Arsitektur, Perancangan Arsitektur Kota, Arsitektur, Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sam Ratulangi.
(3)Laboratorium Bentang Alam, Kelompok Perancangan Arsitektur Lanskap, Infrastruktur dan Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sam Ratulangi.

Abstrak

Kawasan Pantai Puteh merupakan kawasan pantai yang berada di wilayah pesisir Kepulauan Talaud Sulawesi Utara yang memiliki sumberdaya alam dan lingkungan yang sangat potensial dan menarik. Namun belum sepenuhnya dikembangkan dalam perencanaan lansekap dan perancangan tapak yang memperhatikan aspek-aspek tata massa dan ruang luar sebagai disain lanskap yang mengoptimalkan keadaan lingkungan sekitarnya. Adapun tujuan penelitian ini yakni merencanakan kawasan Pantai Puteh dan merancang daerah rekreasi yang dapat menciptakan karya seni arsitektur lanskap melalui kajian nilai-nilai kearifan lokal berbasis sumberdaya lingkungan dan sosial budaya masyarakat sebagai konsep disain yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan lingkungan. Pendekatan penelitian ini yakni deskriptif-kualitatif, dengan cara mendeskripsikan kembali secara tertulis hasil survey lapangan dan hasil wawancara dengan pemerintah desa sebagai stakeholder tentang konsep pengembangan kawasan pesisir ‘Pantai Puteh’ yang berkonsep budaya dan bahari. Metode analisis dan deskriptif adalah metode yang dilakukan dengan cara memahami fenomena dan kondisi pada tapak.

Kata-kunci : pantai puteh, perancangan tapak, perencanaan lanskap, sumber daya alam

Halaman A 021-026
Download PDF :
iplbi2016-a-021-026-kajian-lanskap-wisata-pantai-puteh-di-kabupaten-kepulauan-talaud-provinsi-sulawesi-utara