Kajian Aspek Atribut Pasar sebagai Upaya Peningkatan Daya Tarik Pasar Tradisional

by

Made A. Wahyudi Linggasani

Program Studi Magister Arsitektur, SAPPK, ITB.

Abstrak

Berkembangnya unit pasar modern dengan daya tarik yang dimilikinya, dirasa menyebabkan munculnya peralihan minat pengunjung untuk mendatangi pasar yang lebih modern dibandingkan pasar tradisional. Terjadinya peralihan tersebut terkait dengan kondisi atribut pasar tradisional yang telah dinilai oleh pengunjung berdasarkan pengalaman psikologisnya. Hal ini secara tidak langsung juga berdampak pada citra/daya tarik pasar dimata masyarakat yang ditunjukkan melalui turunnya tingkat kunjungan ke pasar tradisional. Guna menjaga eksistensinya, tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek dalam atribut pasar tradisional yang mampu mempengaruhi penilaian/persepsi pengunjung. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif melalui pembahasan studi teoritik dari tiga jurnal yang bertema serupa dan dianalisis melalui analisis data teks. Hasil penelitian mengungkapkan adanya pengelompokkan atribut pasar tradisional berdasarkan pada aspek arsitektural dan non-arsitektural. Atribut pasar yang tergolong dalam aspek arsitektural, berupa keseluruhan kondisi fisik bangunan secara eksternal maupun internal. Sedangkan, atribut pasar yang termasuk dalam aspek non-arsitektural, berupa keseluruhan kondisi non-fisik dari pasar itu sendiri.

Kata-kunci : atribut pasar tradisional, daya tarik, eksistensi, tingkat kunjungan, persepsi pengunjung

Halaman E 055-060
Download PDF :
TI2015-E-055-060-Kajian Aspek Atribut Pasar sebagai Upaya Peningkatan Daya Tarik Pasar Tradisional