Identifikasi Pengaruh Kepadatan dan Fungsi Bangunan Terhadap Kualitas dan Kinerja Kanal (Studi Kasus: Kanal Panampu, Kota Makassar)

by

Muh. Fadhlan Sindangan 1, Mukti Ali 2, Sri Aliah Ekawati 3

1,2,3 Lab. Waterfront Planning and Development, Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.
Email Korespondensi : fadhlansindangan@gmail.com

https://doi.org/10.32315/ti.8.c032

Abstrak

Kawasan Kanal Panampu saat ini dipenuhi bangunan termasuk di area sempadan. Dampak yang ditimbulkan adalah sirkulasi udara memburuk dan aksesibilitas menjadi minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh fungsi bangunan terhadap kualitas dan kinerja Kanal Panampu. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Standar dan peraturan tentang revitalisasi kawasan dan standar tentang penentuan sempadan dalam menjangkau kondisi kanal yang ideal. Hasil analisis menunjukan mayoritas bangunan yang terbangun pada sempadan (10-15 meter). Arahan revitalisasi Kanal Panampu adalah dilakukannya relokasi secara bertahap terhadap bangunan yang menyimpang dan juga pengadaan jalur inspeksi pada pinggiran kiri dan kanan Kanal Panampu.

Kata-kunci : kanal, revitalisasi, sempadan

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 8, C 032-035
Download PDF