Identifikasi Kampung Kreatif sebagai Strategi Kota Tangguh

by

Saraswati T. Wardhani, Stefani N. Sabatini , D. Rachmaniatus , Tamiya M. S Kasman

Magister Arsitektur Riset, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung.

Abstrak

Permasalahan permukiman padat dan tingginya angka pengangguran selalu terjadi di pusat kota di Indonesia. Strategi khusus untuk meningkatkan kelayakan lingkungan tempat tinggal dan keber-langsungan ekonomi penduduknya diperlukan demi mencapai kota yang beker-lanjutan. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah kampung kreatif dengan kegiatan utama ekonomi wisata kreatif. Konsep wisata kreatif yang ditawarkan adalah wisata budaya dan kerajinan tradisional. Pengembangan potensi kampung tersebut memberikan manfaat berupa ruang kreasi yang lebih luas, kesempatan lapangan kerja, dan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari tulisan ini adalah mema-hami proses pembentukan kampung kreatif, faktor-faktor yang dominan berpengaruh, serta konsep perancanaannya. Diketahui bahwa, keberhasilan implementasi wisata kreatif di kampung kota sangat dipengaruhi kondisi sosial-budaya masyarakatnya dan kerjasama antara para pelaku kepentingan (stakeholder).

Kata-kunci : kampung kreatif, komunitas kreatif, integrasi stakeholder.

Halaman B 015-020
Download PDF :
iplbi2016-b-015-020-identifikasi-kampung-kreatif-sebagai-strategi-kota-tangguh