Hubungan antara Motivasi Berbelanja dan Preferensi Shopping Mall di Kota Bandung

by

Tri Widianti Natalia*, Hanson E. Kusuma**

*Jurusan Teknik Arsitektur UNIKOM
**Kelompok Keilmuan Perancangan Arsitektur, SAPPK, ITB

Abstrak

Pesatnya pertumbuhan tempat perbelanjaan di Kota Bandung, menimbulkan perbedaan preferensi terhadap shopping mall. Perbedaan preferensi tersebut salah satunya dipengaruhi oleh motivasi belanja yang merupakan faktor personal specific. Berkaitan dengan hal itu, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengidentifikasi shopping mall di Kota Bandung yang memiliki preferensi tertinggi dan mengidentifikasi karakteristik motivasi belanja kelompok usia dewasa muda berdasarkan data sosiodemografi serta bersama siapa mereka mengunjungi mall. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan metode analisis distribusi dan analisis koresponden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BIP merupakan shopping mall di Kota Bandung yang memiliki preferensi tertinggi, dengan sebagian besar pengunjung BIP memiliki karakteristik motivasi hedonik.

Kata-kunci: shopping mall, preferensi, motivasi belanja

Halaman 61-66
Download PDF:
TI2014 A p061-066 Hubungan antara Motivasi Berbelanja dan Preferensi Shopping Mall di Kota Bandung