Glenn Murcutt: Maestro Harmonisasi Lingkungan pada Rancangan Arsitektur

by

Vadya Dzauqiah1, Arkansyah F. Setiawan2, Alifa R. Ramadhanti3, Dadang T. Setiawan4, Agus S. Ekomadyo5

1,2,3,4 Mahasiswa Program Sarjana Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung.
5 Dosen Program Sarjana Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung
Korespondensi: dzauqiahvadya@gmail.com

https://doi.org/10.32315/ti.7.c123

Abstrak

Glenn Murcutt merupakan seorang arsitek asal Australia yang sangat mengedepankan harmonisasi antara lingkungan dan rancangannya. Harmonisasi ini terlihat pada proses maupun hasil akhir rancangannya. Prinsip Touch the Earth Lightly yang ia bawakan dengan teguh pun menghantarkannya pada penghargaan Pritzker pada tahun 2002. Hal ini menimbulkan pertanyaan: seberapa jauhkah Glenn Murcutt telah menyelami arsitektur ramah lingkungan dan sustainability sehingga bisa membuatnya bersinar pada penghargaan Pritzkerdan menciptakan keunikan dari arsitek lainnya? Dengan menggunakan kerangka analisis Exotic and Multiculturalism, Channel of Transformation, Material, dan Nature dari Poetics of Architecture: Theory of Design dari  Antoniades (1992), rancangan Glenn Murcutt dianalisis untuk mengetahui seberapa jauh ia menyelami prinsip “touch the earth lightly” yang ia bawakan, hingga dapat diketahui bahwa ia benar-benar memperhitungkan agar segala proses mulai dari awal seminimal mungkin memberikan dampak buruk bagi lingkungan sekitarnya. Kemampuan dan dedikasinya dalam menyelaraskan arsitektur dengan lingkungan yang membuat Glenn Murcutt pantas disebut sebagai Maestro dalam harmonisasi lingkungan dan rancangan arsitektur.

Kata-kunci : Glenn Murcutt, harmonisasi lingkungan dan rancangan arsitektur, Maestro

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 7, C 123-128
Download PDF