Faktor yang Mempengaruhi dan Analisa Kelayakan pada Proyek Pengembangan Wahana Wisata Taman Rekreasi Tlo-gomas di Kota Malang

by

Lalu Mulyadi, Chairumin Alfin, Edi Hargono Dwi Putranto

Teknik Sipil Manajemen Konstruksi, Pasca Sarjana Magister Teknik, Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Tekologi Nasional Malang.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan kedata-ngan wisatawan ke kawasan wisata taman rekreasi tlogomas dan menganalisis kelayakan pe-ngembangan kawasan wisata taman rekreasi tlogomas sebagai kawasan wisata taman rekreasi. Adapun teknik pengolahan data didasarkan kepada aspek-aspek analisis kelayakan melalui teknik analisis deskriptif dan regresi terhadap variabel-variabel yang telah ditentukan dan melalui NPV, IRR dan BCR untuk mengkaji aspek kelayakan finansial. Hasil penelitian diperoleh nilai F hitung sebesar 41,204, artinya faktor marketing mix, sosial budaya dan psikologi secara simultan berpengaruh posi-tif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan, nilai t hitung dari setiap variabel independen lebih besar dari t tabel (1,660), artinya faktor marketing mix, sosial budaya dan psikologi berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam melakukan kunjungan wisata di Taman Rekreasi Tlogomas; Berdasarkan analisis kelayakan proyek, didapat nilai NPV Rp. 674.090.696.167,- nilai IRR sebesar 22 %, nilai BCR 1.79. Maka investasi pengembangan wahana wisata Taman Rekreasi Tlogo-mas dianggap layak.

Kata-kunci : faktor, kelayakan finansial, regresi, variabel

Halaman B 065-068
Download PDF :
IPLBI2016-B-065-068-Faktor yang Mempengaruhi dan Analisa Kelayakan Pada Proyek Pengembangan Wahana Wisata Taman