Evaluasi Purna Huni pada Ruang Terbuka Publik di Perumahan Bukit Sejahtera Palembang

by

Tutur Lussetyowati

Laboratorium Kota dan Permukiman, Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.

Abstrak

Ruang terbuka bisa diartikan sebagai ruang diluar bangunan. Ruang terbuka ini antara lain meliputi taman, lapangan olah raga, jalan, pedestrian dll. Ruang terbuka ini merupakan elemen penting yang harus dipertimbangkan dalam perancangan kota karena biasanya ruang terbuka ini merupakan ruang publik.
Evaluasi purna huni ini merupakan pengujian terhadap suatu tempat atau lingkungan binaan apakah sudah cukup efektif dan sesuai dengan kebutuhan pamakai. Fokus penelitian ini lebih ditekankan pada penilaian kondisi ruang terbuka public yang ada dan kemudian hasilnya bisa digunakan untuk aplikasi bagi perbaikan atau rekomendasi penataan ruang terbuka publik pada kawasan perumahan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan dan wawancana dengan penghuni Perumahan Bukit Sejahtera Palembang sebagai wilayah penelitian.
Dari hasil analisis didapat beberapa permasalahan mengapa ruang-ruang terbuka publik di kawasan perumahan tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik. Ruang publik yang ada di Perumahan Bukit Sejahtera terdiri dari taman, lapangan olah raga, tempat bermain anak dan kolam retensi sebagai kolam pemancingan dan area jongging track. Sebagian besar ruang terbuka publik yang ada sudah tidak berfungsi lagi karena kondisinya sudah rusak. Dari ketujuh ruang terbuka yang ada di Perumahan Bukit Sejahtera yang masih berfungsi hingga saat ini ada dua yaitu lapangan sepak bola dan kolam retensi sebagai kolam pemancingan. Rusaknya ruang-ruang terbuka publik tersebut karena tidak jelasnya pengelola ruang-ruang terbuka tersebut sehingga menjadi tidak terawat lagi. Ruang-ruang terbuka publik harus jelas siapa yang mengelolanya setelah tidak menjadi tanggung jawab pengembang lagi.

Kata-kunci: evaluasi purna huni, ruang terbuka publik, perumahan

Halaman 19-26
Downlaod PDF:
TI2014 E p019-026 Evaluasi Purna Huni pada Ruang Terbuka Publik di Perumahan Bukit Sejahtera Palembang