Evaluasi dan Analisis Potensi Infrastruktur Permukiman Kumuh Masyarakat di Pulau Lae-Lae Kota Makassar

by

M. Yahya

Laboratorium Perencanaan Perumahan dan Lingkungan Permukiman, Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Abstrak

Kota Makassar adalah salah satu kota yang memiliki garis pantai yang cukup panjang di Indonesia. Salah satu pulau dalam gugusan pulau atau kepulauan spermonde yang ada di kota Makassar, Sulawesi Selatan yaitu Pulau Lae-lae. Kelurahan Lae-lae (Pulau Lae-lae) terdiri dari 3 RW dengan 11 RT dengan total kepala keluarga mencapai 417 KK dan total penduduk sebesar 1.551 jiwa yang berdasarkan SK Walikota Makassar Tahun 2014 tentang Penetapan Lokasi Kumuh, termasuk dalam kategori kumuh ringan di RW 03. Berdasarkan data tersebut maka diadakan kajian evaluasi dan analisi potensi infrastruktur di wilayah tersebut untuk menentukan tingkat kekumuhan pada saat ini dengan menganalisis data secara kualitatif dalam kerangka deskriptif melalui tahapan analisis inventarisasi data, analisis komparasi data, dan analisis overlay peta. Berdasarkan analisis perhitungan tingkat kekumuhan di RW 03 Kelurahan Lae-lae diperoleh nilai totalnya 45 yang berarti termasuk kategori kekumuhan tingkat kumuh sedang.

Kata-kunci : analisis potensi, infrastruktur, permukiman kumuh

Halaman G 029-032
Download PDF :
IPLBI2016-G-029-032-Evaluasi dan Analisis Potensi Infrastruktur Permukiman Kumuh Masyarakat di Pulau Lae-Lae Kota Makassar