Evaluasi Dampak Penyediaan Taman-Taman Tematik Kota Bandung berdasarkan Persepsi Masyarakat Sekitar

by

Muhammad Muqarrabin Ari(1), Denny Zulkaidy(2) ,Wiwik Dwi Pratiwi (3)

(1)Magister Rancang Kota 2013, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), ITB.
(2)Kelompok Keahlian Perencanaan dan Perancangan Kota, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), ITB.
(3)Kelompok Keahlian Perumahan dan Permukiman, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), ITB.

Abstrak

Penyediaan taman tematik di lingkungan hunian Kota Bandung telah mengalami perubahan menjadi taman dengan skala pelayanan kota dan menjadi penarik utama pergerakan baru sebagai ruang publik yang difungsikan sebagai sumber hiburan dan rekreasi bagi masyarakat kota dengan desain fisik dan fasilitas yang aktraktif. Penelitian ini diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan terkait dampak yang hadir dari penyediaan taman tematik kota di lingkungan hunian. Penelitian ini bersifat evaluatif, menggunakan metode kuantitatif dengan melihat kuantitas dari persepsi masya-rakat sekitar terkait dampak yang diterima dari penyediaan taman tematik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan evaluasi semu serta menggunakan strategi multiple case study untuk tiga taman yang menjadi objek pene-litian yakni masyarakat disekitar taman fotografi, taman superhero, dan pet park. Kesimpulan dari penelitian ini (1) dampak negatif pada dampak sosial serta dampak lingkungan secara umum (2) dampak netral yang hanya terjadi pada dampak ekonomi yang tidak memberi dampak pada kegiatan ekonomi lingkungan.

Kata-kunci : taman tematik, dampak, masyarakat

Halaman E 163-170
Download PDF :
IPLBI2016-E-163-170-Evaluasi Dampak Penyediaan Taman -Taman Tematik Kota Bandung Berdasarkan Persepsi Masyarakat Sekitar-0